Pengertian Tentang Domain Dan Subdomain

Anda pasti sering mendengar istilah domain dan subdomain. Ya, bagi pelaku bisnis internet marketing pasti sudah sering mendengar dan membuat subdomain. Bagi yang belum, apakah subdomain itu ? Subdomain adalah nama domain tambahan dari nama domain utama.

Domain menurut id.wikipedia.org :

Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Subdomain menurut id.wikipedia.org :

Subdomain adalah bagian dari sebuah nama domain induk. Subdomain umumnya mengacu ke suatu alamat fisik di sebuah situs.

Contoh subdomain misalnya http://warungkoe.com pada http://iklan.warungkoe.com yang berarti iklan merupakan subdomain dari nama domain utama warungkoe.com. Subdomain bisa sendiri maupun berfungsi sebagai redirect suatu url. Subdomain yang berdiri sendiri misalnya iklan.warungkoe.com dari domain utama warungkoe.com. Pada subdomain ini berdiri sendiri sebuah program berbasis PHP yang bisa dijalankan seperti membuka sebuah website biasa. Contoh lain adalah iklan.peluangbaru.net, subdomain dari peluangbaru.net. Subdomain ini juga berdiri sendiri yang aq install CMS WordPress untuk layanan iklan baris. Ini merupakan contoh subdomain yang berdiri sendiri, bukan redirect url seperti yang dijelaskan diatas.

Semoga posting ini cukup bisa memberikan pengertian tentang domain dan subdomain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *